10 WISATA KULINER WAJIB DI MAKASSAR

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kuliner satu ini. Makanan khas dari Sulawesi Selatan ini memang salah satu potensi wisata di Makassar yang tidak ada duanya. Cita rasa tradisional dari campuran rempah dan daging segar mungkin menjadi makanan yang tidak bisa Anda lupakan begitu saja. Makanan apakah itu? Ya, coto Makassar.

Siapa yang tidak kenal kuliner satu ini. Makanan yang sudah go-nasional ini sudah bisa Anda temui di kota-kota besar. Dijamin lidah Anda akan takjub dibuatnya.

Namun selain itu tahukah Anda bahwa kota Makassar memiliki begitu banyak kuliner lezat yang siap memanjakan lidah Anda?

Berikut ini adalah beberapa kuliner yang wajib Anda coba jika berkunjung ke Makassar.

download (1)

Coto Paraikatte

Coto Paraikatte adalah coto yang terletak di jalan Paraikatte, Perintis Kemerdekaan. Jika Anda mampir ke Makassar dan berniat mencicipi makanan khas satu ini maka coto Paraikatte bisa menjadi pilihan.

Coto Makassar sendiri adalah olahan yang terbuat dari daging, biasanya daging sapi yang dipotong dadu dan dicampur dengan kuah yang terbuat dari berbagai jenis rempah dan ditaburi daun bawang serta bawang goreng. Jangan lupa mencicipinya dengan buras.

Nasi bercampur santan yang dibungkus dengan daun kelapa ini memang pasangan tepat untuk semangkuk coto Anda.

Mie Titi

Mie-Titi-Istimewa

Pernah mendengar nama mie titi? Jika belum maka saatnya Anda mencicipi makanan khas Makassar satu ini.

Tidak seperti mie pada umumnya karena mie titi terbuat dari mie kering yang digoreng kemudian dicampur dengan kuah kental dan berbagai sayuran hijau, potongan bakso, dan ayam cincang yang menggugah selera.

Anda dapat menemukan restoran mie titi di Jalan Perintis KM. 9 atau jalan Panakukang Makassar.

Pallubasa

Meskipun sama-sama dari daging, namun makanan satu ini berbeda dengan coto Makassar. Yang membedakan adalah kuah kentalnya yang berasal dari parutan kelapa sangrai goreng yang dicampur dengan olahan rempah yang mampu menggoyang lidah.

Pallu basa adalah jeroan daging sapi atau kerbau yang dipotong dadu dan dicampur dengan kuah kelapa dan rempah-rempah. Namun jika Coto Makassar disajikan bersama dengan buras, maka pallu basa akan sangat lezat jika ditemani oleh sepiring nasi.

resep-pallu-basa

Jangan lupa menambahkan sedikit jeruk nipis untuk menambah cita rasanya. Sehingga jika mampir ke kota Daeng, kuliner satu ini wajib masuk dalam daftar wisata kuliner Anda.

Sop Saudara

41_20141003114134

Ada lagi kuliner Makassar yang wajib Anda tahu. Namanya sop saudara. Namanya yang unik mudah dikenal di kalangan pecinta kuliner.

Sebenarnya makanan ini berasal dari Pangkep, salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan.

Sop ini adalah campuran dari daging sapi yang dicampur dengan bihun, perkedel kentang, jeroan sapi (misalnya, paru goreng), dan telur rebus.

Makanan ini sering disajikan dengan nasi dan ikan bandeng bakar.

Kapurung

kapurung

Jika Anda ingin mencicipi makanan dari olahan sagu, sepertinya kapurung adalah menu yang cocok.

Kuliner satu ini mirip dengan pappeda yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Maluku dan sekitarnya.

Tapi tahukan Anda jika makanan ini juga adalah makanan wajib bagi masyarakat yang tinggal di daerah Palopo, Luwu. Salah satu kabupaten di Sulsel ini memang dikenal gemar menyantap kapurung.

Olahan sagu yang dicampur dengan berbagai aneka sayuran hijau, jagung, udang, ayam bakar suir, serta kacang tanah yang ditumbuk kecil. Kapurung mampu menggoyang lidah Anda apalagi jika disajikan dengan sambal super pedas.  Berani mencoba?

Jalangkote

jalangkote-lasinrang

Berbeda dengan kuliner lainnya dari Makassar, jalangkote adalah cemilan yang berbentuk bundar memanjang yang terbuat dari adonan terigu dan isi telur, tauge, wortel, dan daging cincang.

Bentuknya hampir mirip dengan pastel. Terkadang para wisatawan menjadikan jalangkote sebagai oleh-oleh jika mereka berkunjung.

Salah satu pusat oleh-oleh jalangkote’ yang terkenal adalah jalangkote’ Lasinrang. Sehingga jika Anda mampir ke Makassar, membawa pulang jalangkote untuk keluarga patut menjadi pertimbangan.

Sop Konro

resep-sop-konro-makassar

Jika Anda pecinta wisata kuliner lezat sop konro wajib masuk dalam daftar catatan Anda.

Kuah kentalnya yang berwarna gelap adalah campuran dari berbagai bumbu, antara lain pala, kunyit, lengkuas, kayu manis, asam, serai, cengkeh, dan daun salam yang direbus dan dicampur dengan iga daging sapi.

Biasanya sop konro disajikan dengan buras atau ketupat dengan cabe yang banyak.

Es pisang Ijo

Es pisang ijo juga mungkin sudah populer di kota-kota lain. Jika bulan Ramadhan tiba para penjual berjejalan untuk menjajakan es pisang ijo. Terbuat dari pisang kapok yang direbus dan dilapisi dengan adonan terigu yang dibuat menyerupai dadar lalu digulung. Kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran santan, terigu, dan diberi sirup pisang ambon serta es serut.

Hampir semua paket wisata Makassar selalu menyempatkan diri untuk singgah di destinasi wisata kuliner yang satu ini.

Resep-Membuat-Es-Pisang-Ijo-Enak-dan-Segar

Pisang Epe

newsmedia_p6_pisang_epe

Jika Anda berkunjung ke Pantai Losari Makassar, Anda akan menjumpai puluhan warung dengan tenda-tenda yang menjajakan pisang epe’ di pinggir pantai. Makanan satu ini adalah kuliner wajib buat Anda yang berkunjung ke sini.

Nama pisang epe’ sebenarnya berasal dari bahasa Makassar yang berarti pisang yang dijepit. (epe’= jepit).

Terbuat dari pisang yang dibakar dan dipipihkan lalu disiram dengan air gula merah dan ditaburi keju parut dan cokelat.

Es Pallu Butung

19d240b4-5739-45a7-a6a9-7e791c8b3a43

Makanan ini hampir mirip dengan es pisang ijo.

Bedanya adalah jika pisang ijo dibungkus dengan dadar terigu berwarna hijau, maka es pallu butung terdiri dari pisang yang dimasak dengan santan, gula, dan terigu yang sangat enak di lidah.

Itulah beberapa kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Makassar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.