Destinasi Wisata di Semarang yang super SERU!

Salah satu kota besar di Pulau Jawa yang wajib dikunjungi adalah Kota Semarang. Ibu kota Jawa Tengah ini mempunyai berbagai macam potensi wisata yang wajib dikunjungi. Tempat-tempat wisata tersebut ada yang berupa wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata buatan.

Lawang Sewu adalah salah satu diantara tempat wisata di Semarang. Tempat ini menjadi tempat yang ikonik serta wajib dikunjungi oleh para wisatawan terutama bagi mereka yang menginap di hotel di Semarang karena cukup dekat dengan kawasan tengah kota. Gedung Lawang Sewu ini sendiri sudah dibangung sejak tahun 1904 oleh pihak Belanda.

Dulunya, gedung ini difungsikan sebagai kantor perusahaan kereta api milik Belanda. Setelah merdeka, gedung ini pun diambil alih Indonesia dan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI) atau yang kini familiar dengan nama PT Kereta Api Indonesia.

lawangsewu

Adapun nama “Lawang Sewu” (seribu pintu) sendiri disematkan karena gedung ini mempunyai pintu dan jendal yang banyak seolah-olah berjumlah seribu buah. Padahal, jumlahnya sendiri tidak mencapai angka seribu.

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk menambah wawasan sejarah sekaligus sebagai tempat untu  berfoto ria. Suasana mistis yang konon menyelimuti gedung ini menjadi daya tarik lain dari destinasi wisata khas Semarang ini.

Tempat wisata ikonik selanjutnya adalah Simpang Lima. Di sini wisatawan bisa berfoto ria baik di siang ataupun malam hari. Lokasinya ang dekat dengan sejumlah mall juga turut menarik perhatian wisatawan. Jika wisatawan kurang skua belanja di mall, maka wisatawan bisa berbelanjan di pusat jualan rakyat yang menjual  beragam barang dengan harga murah dan bagus. Jajanan-janan khas Semarang pun juga tersaji di sana, sehingga para wisatawan pun bisa berbelanja sembari berwisata kuliner di Simpang Lima.

Jika ingin berbelanja di luar Simpang Lima, wisatawan bisa berbelanja di Pasar Johar Semarang. Di pasar ini, tersaji macam-macam produk yang diperjual belikan. Jika ingin membeli barang dengan harga murah, wisatawan harus pandai menawar, karena harga yang dipasang terkadang terlampau tinggi. Pasar ini sendiri merupakan pusat ekonomi warga Semarang yang mempunyai dua lantai.

simpang lima

Setiap kota yang mempunyai alun-alun pasti mempunyai masjid di dalamnya, begitupun dengan Semarang. Ibu kota Jawa Tengah ini mempunyai Masjid Agung Semarang yang terletak di alun-alun kota tersebut.

Masjid ini tergolong unik karena mempunyai Tower yang bernama Tower Asmaul Husna. Di tower tersebut, terdapat Museum Perkembangan Islam di Jawa Tengah yang terdapat di lantai 2 dan 3. Di lantai 18, terdapat pula restoran yang menyajikan pemandangan Kota Semarang dari atas tower.

Di sekitaran Masjid Agung ini juga terdapat beberapa hotel murah di Semarang, diantaranya Hotel Graha Agung yang letaknya di sebelah utara masjid. Oleh karenanya, Masjid Agung Jawa Tengah ini menjadi tempat ibadah sekaligus tempat wisata religi.

Masjid-Agung-Semarang

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan destinasi wisata religi lainnya di Semarang. Klenteng ini terdiri atas beberapa bagian klenteng, seperti Klenteng Besar dan Gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong, hingga makam para kiai seperti Kiai Jangkar dan Mbah Kiai Tumpeng.

Menurut sejarah, klenteng ini mulanya adalah tempat singgah pertama Laksmana Cheng Ho, seorang Laksmana Tiongkok yang memeluk agama Islam. Maka tak heran, jika makam beberapa kiai ada di klenteng ini.

kelenteng sam po kong

Tenpat wisata religi dan sejarah lainnya adalah Candi Gedong Songo. Candi yang terletak di Gunung Ungaran ini dibangun pada abad ke-9 masehi. Nama Gedong Songo sendiri mempunyai arti “sembilan gedung.” Di sekitaran candi ini, terdapat pemandangan alam yang dapat memanjakan mata, seperti hutan pinus, mata air belerang, dan keindahan alam lainnya.

Tak hanya Candi Gedong Songo, Bukit Ungaran juga menjadi lokasi tempat wisata lainnya. Tempat wisata itu adalah Umbul Sidomukti Semarang. Tempat ini mempunyai 4 buah kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi. Terdapat pula wahana flying fox, marine bridge, rapelin, dan wahan lainnya di destinasi wisata Semarang ini. Berbagai panorama dan fasilitas penunjang pun turut pula dalam menjakan setiap wisatawan yang datang ke tempat ini.

candi gedong songo

Pantai Tirang adalah salah satu destinasi pantai di Semarang. Di pantai ini, wisatawan dapat menyaksikan para nelayan yang tengah membudidayakan rumput laut.

Ada pula pohon Mangrove dan terumbu karang yang terdapat di pantai ini. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, sehingga pantai ini aman untuk dikunjungi.

Pantai ini juga menjadi tempat yang pas untuk menyaksikan momen matahari terbenam atau sunset.

Tak hanya pantati, Kota Semarang pun juga mempunyai air terjun. Nama air terjun tersebut adalah Air Terjun Kali Pancur. Mempunyai tinggi sekitar 150 meter, air terjun ini mempunyai beragam panorama yang patut disimak, seperti bebatuan alam serta pepohonan hijau yang menyegarkan mata.

Untuk sampai ke tempat ini, wisatawan harus terlebih dahulu melewati anak tangga yang jumlahnya menjcapai angka 900. Oleh karenanya, persiapan fisik harus dilakukan sebelum mengunjungi air terjun ini. Tak hanya menikmati panorama air terjun dan panorama lainnya, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas panjat tebing di air terjun ini.

pantai tirang

Danau Rawa Pening adalah tempat wisata alam air selanjutnya. Danau ini mempunyai luas 2.670 hektar. Danau ini sendiri terdapat di dalam cekungan terendah lereng Gunung Temoloyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran.

Wisatawan bisa mengarungi danau ini dengan menaiki perahu yang disewa. Wisatawan juga bisa melihat proses budidaya eceng gondok di Danau ini.

Selain hal-hal tersebut, cerita rakyat yang melekat di tempat wisata ini menjadi nilai tambah bagi salah satu destinasi ikoni Semarang dan Jawa Tengah ini.

Kampoeng Wisata Taman Lele adalah tempat wisata yang cocok untuk wisatawan yang membawa keluarga. Sebab, destinasi wisata ini menyedikakan fasilitas yang dapat digunakan bersama dengan keluarga, seperti kolam renang danau buatan, kebun binatang kecil, penginapan, dan sebagainya.

Tiket masuk tempat wisata ini tergolong murah karena hanya memasang tarif Rp. 2000 untuk hari biasa, serta Rp. 3.500 untuk akhir pekan.

wisata taman leleDestinasi wisata Semarang lain yang dapat dinikmati bersama keluarga adalah Taman Rekreasi Wonderia. Objek wisata buatan di Semarang ini menyediakan sarana bermain yang memanjakan keluarga dan anak-anak, seperti Merry Go Round, Super Rally, Kiddy Boat, dan sebagainya.

Bila wisatawan hendak menguji keberaniannya, maka wahana Ghost House adalah tempat yang tepat untuk dicoba. Selan banyaknya wahana, Taman Rekreasi Wonderia ini juga mempunyai lingkungan wisata yang rindang dan sejuk, serta keamanannya yang terjamin.

Selain Museum Perkembangan Islam di Jawa Tengah, Semarang juga mempunyai satu museum lainnya, yaitu Museum Ronggowarsito. Terletak di Jl Abdurrahman Saleh, museum yang namanya diambil dari salah satu pujangga legendaris ini mempunyai banyak koleksi yang terdiri atas koleksi sejarah, alam, kebudayaan, dan berbagai wawasan nusantara lainnya.

Luas tanah museum ini adalah sekitar 1,8 hektar dan buka setiap hari mulai pukul 08.00.

Begitulan ulasan berbagai destinasi wisata di Semarang. Kalau pemirsa nggak mau ribet bisa gabung juga di paket tour Semarang, karena kebanyakan destinasi wisata akan dikunjungi dan dibahas bareng tour guide yang berpengalaman sehingga liburan pun jadi lebih hemat waktu dan menyenangkan.

Referensi

Bermain Di Taman Wisata Wonderia, Semarang

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.