Lima Monumen Bersejarah di Bandung yang Kamu Wajib Tahu

Bandung, sebuah kota yang memiliki beragam sajian kuliner lezat dan juga memiliki gadis-gadis yang terkenal cantik. Selain itu, Kota Bandung ini juga memiliki julukan sebagai pusat Modenya Indonesia.

Karena dari kota inilah berbagai trend fashion di Indonesia dimulai. Tujuan-tujuan wisata yang ada di Kota Bandung pun tidak kalah menarik dengan tujuan-tujuan wisata Kota lain yang ada di Indonesia.

Salah satu tujuan wisata yang terkenal dari Kota Bandung adalah wisata sejarah yang ada di Kota tersebut. Beberapa peninggalan bersejarah yang ada di Kota Bandung masih dirawat dengan apik oleh Pemerintah Kota Bandung dan juga warga setempat. Beberapa monument bersejarah yang terkenal dari kota Bandung dapat di simak di bawah ini.

Monumen Husein Sasranegara

Monument Husein Sastranegara terletak di kawasan Jl. Pajajaran Kota Bandung. Monument ini dibangun utnuk mengenang jasa seorang pahlawan yang amat di hormati Bangsa Indonesia pada masnanya, yakni Husein Sastranegara.

Husein Sastranegara adalah seorang pahlawan yang sangat berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, selain itu, beliau juga merupakan salah satu tokoh yang berperan dalam TNI Angkatan Udara Indonesia.

Husein Satranegara wafat ketika melakukan uji coba pesawat Cukiu yang dilakukan di Yogyakarta pada 26 September 1946. Ketika wafat, beliau memiliki pangkat sebagai Mayor Udara. Karena jasa-jasanya di bidang TNI Angkatan Udara tersebut, maka dibuatlah Patung Husein Sastranegara untuk mengenang jasa-jasanya. Selain itu, nama Husein Sastranegara juga dipakai sebagai salah satu nama Bandar Udara di Bandung, yaitu Landasan Uadara Husein Sastranegara.

Monumen Bandung Lautan Api

Kota Bandung memang memiliki banyak sekali penginggalan bersejarah yang patut untuk ditelusuri kembali. Salah satu monumen yang cukup terkenal dari Kota Bandung adalah Monumen Bandung Lautan Api.

Monumen ini dibuat di Jalan Bkr, Ciateul, Regol Kota Bandung. Tujuan dari dibuatnya monument ini adalah untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api. Dimana pada peristiwa ini Muhammad Toha menghanguskan seluruh Kota Bandung Selatan.

bandung lautan api

Tujuan dari pembumi hangusan Kota Bandung Selatan ini adalah untuk mencegah tentara NICA yang akan menggunakan Kota Bandung sebagai markas militer mereka. Setidaknya sekitar 200.000 warga Bandung melakukan pembakaran rumah mereka masing-masing, yang kemudian mereka tinggalkan menuju kawasan pegunungan.

Untuk memperingati aksi heroik para pahlawan pada masa itu maka pada tahun 1981 dibangunlah sebuah monument di Lapngan Tegallega. Monument ini berbentuk jilatan Api yang memilikiketingian sekitar 45 meter dan memiliki 9 sisi Bidang.

Warna dari monument ini juga kuning keemasan menyerupai jilatan api. Banyak warga yang sering mengunjungi tempat ini untuk sekedar bersantai dan juga mengenang peristiwa Bandung Lautan Api. Selain itu, di tempat ini juga masih sering sekali digunakan sebagai tempat pertunjukan musik oleh seniman-seniman lokal.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat merupakan salah satu monument yang cukup terkenal dari Kota Bandung. Monument ini terletak di Jalan Dipatiukur No. 48 Kota Bandung. Tepatnya monument ini berlokasi di depan Gedung Sate dan dekat dengan Universitas Padjajaran Kota Bandung.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini dibangun dengan tujuan untuk menyampaikan karakter perjuangan rakyat Jawa Barat, dimana dalam perjuangannya mereka memiliki persatuan dan juga ikatan yang kuat, dan memiliki makan Tiada Perjuangan tanpa Persatuan, dan Tiada Persatuan tanpa Perjuanagn, sehingga Persatuan dan perjuanagn menjadi kunci utama dalam perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen ini memiliki bentuk seperti Bambu Runcing. Di dalamnya terdapat beberapa diorama, diantaranya adalah Diorama Perjuangan Sultan Agung Tirtayasa, Diorama Bandung Lautan Api, Diorama Perundingan Linggarjati, Diorama Partisipasi Rakyat dalam pembangunan Jalan Sumedang, Diorama Operasi Pagar Betis, Diorama Konferensi Asia Afrika, dan juga Diorama Long March Siliwangi Januari.

Selain menampilan diorama-diorama perjuangan pahlawan dan Rakyat Jawa Barat, dalam monument ini juga terdapat ruang audio visual serta perpustakaan yang dapat memberikan informasi sejarah. Selain itu dibagian dinding Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat juga terdapat Relief yang menceritakan perjuangan Rakyat Jawa Barat dari waktu ke waktu.

Monumen Kereta Api Kota Bandung

Monumen yang satu ini berada di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 1, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung. Di monument ini terdapat sebuah lokomotif tua yang memiliki nomor seri TC.10.08, YANG terletak tepat di seberang pintu gerbang selatan Stasiun Kereta Bandung.

Monumen lokomotif tua ini memiliki nama yaitu Purwa Aswa Purba. Lokomotif ini dibuat oleh seseorang bernama Hartman dan diresmikan oleh PT. KAI pada tahun 1992. Dulunya lokomotif ini dikabarkan beroperasi di kawasan Cikampek dan Karawang.

Monumen Kereta Api Kota Bandung

Namun lokomotif yang terpajang di pintu masuk tersebut ternyata hanya replica dari lokomotif aslinya saja. walaupun hanya replica, warga yang datang dan transit di Stasiun Kereta Api Bandung, tetap tertarik untuk melakukan foto di sekitar Lokomotiof tersebut. Sehingga Monumen Kereta Api Bandung in dapat dijadikan sebagai salah satu tempat untuk berfoto ria bersama teman, keluarga ataupun sahabat.

Monumen Pasir Pahlawan Otto Iskandar Dinata

Nama Otto Iskandar Dinata nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga Masyarakat Indonesia. Ya, pahlawan yang satu ini namnay dikenal berkat adanya pecahan uang dua puluh ribu. Otto Iskandar Dinata merupakan seorang Pahlawan Nasional yang telah banyak berjasa untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Melalui perjuangan-perjuangannya, maka dibangunlah sebuah monument untuk mengenang perjuangan Raden Otto Iskandar Dinata. Monumen Pasir Otto Iskandar Dinatta ini terletak di Jalan Raya Bandung – Lembang, maka, monument pasir Otto Iskandar Dinata ini merupakan salah satu destinasi wisata di kawasan Lembang Bandung.

Selain terdapat tiang bendera dan juga 3 plakat monument, di sana juga terdapat makam putera Otto Iskandar Dinata, yaitu Mayjen H. Sentot Iskandar Dinata, serta terdapat juga makam-makam pahlawan Indonesia lainnya.

Monumen Pasir Pahlawan Otto Iskandar Dinata

Monumen Pasir Otto Iskandar Dinata ini dapat dijadikan sebagai wahana rekreasi dan juga media edukai bagi anak beserta keluarga untuk selalu mengenang jasa-jasa baik para pahlawan Indonesia terdahulu. Otto Iskandar Dinata, bersama beberapa pahlawan lain telah rela mengabdikan seluruh hidupnya untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Akses jalan menuju monument ini tidaklah sulit. Karena berada di kawasan Jalan Raya, Maka monument ini akan mudah sekali ditemukan oleh para pengunjung. Beberapa pilihan penginapan dan akomodasi hotel di Bandung juga dapat mudah menjangkau lokasi monumen-monumen ini.

 

Demikian tadi merupakan beberapa monument bersjarah yang terdapat di Kota Bandung. Sebagai bangsa yang hebat, sudah sepatutnya kita senantiasa mengenang jasa para pahlawan terdahulu. Wisata-wisata sejarah semacam ini dapat juga membantu masyarakat dalm meningkatkan rasa nasionalisme kita terhadap Negara Indonesia.

Maka dari itu, selain wisata-wisata alam, ataupun belanja, memilih destinasi wisata di tempat-tempat bersejarah juga tidak kalah menyenangkan. Karena selain merefresh otak, dapat juga membantu menambah pengetahuan tentang sejarah Indonesia.

Bagi anda yang ingin berwisata di kota Bandung dengan kenyamanan guided tour, juga bisa ikut bergabung dengan paket tour Bandung, dimana terdapat berbagai pilihan paket wisata Bandung seperti full-day tour yang bisa dipilih dengan mudah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.