Menapak Sejarah Peninggalan Keraton Sultan Ternate

Istana Kerajaan TernateMungkin Anda sudah familiar dengan keraton Yogyakarta atau Keraton Solo yang masih bertahan hingga kini di tengah arus modernisme. Tapi tahukah Anda bahwa keraton kesultanan ternate juga menyimpan berbagai cerita dan warisan yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Pada tulisan kali ini kami akan mengajak Anda untuk menelusuri peninggalan keraton Sultan Ternate dalam sebuah museum. Jika Anda seorang traveler Anda akan mendapat dua keuntungan sekaligus.

Karena Anda bukan hanya akan diajak untuk mempelajari sejarah Keraton Ternate, tapi juga menikmati keindahan pantai yang tiada duanya di kepulauan Maluku. Siapa yang menyangsikan panorama kepulauan Maluku yang sangat memikat.

Interior Istana

Dibangun pada tahun 1810 oleh Sultan Muhammad Ali, museum ini menyimpan berbagai peninggalan kerajaan yang terdiri dari koleksi kerajaan, peralatan upacara, AlQuran yang ditulis dengan tulisan tangan, mahkota unik dan satu-satunya di dunia serta sisa-sisa peninggalan di zaman perang dunia.

Mahkota unik yang hanya terdapat di Kesultanan ini adalah mahkota yang memiliki rambut yang dapat bertumbuh layaknya manusia. Diperkirakan usia mahkota ini adalah 500 tahun. untuk menghormati kesakralan dari benda pusaka ini, maka setiap tahun digelar upacara pemotongan rambut yang bersamaan dengan hari raya idul Adha.

Yang menarik adalah bentuk dari bangunan ini sendiri. Museum Sultan Kedaton Ternate yang dulunya merupakan istana kerajaan, dibuat oleh seorang arsitek China dengan model bangunan menyerupai singa yang sedang duduk sambil menghadap ke laut.

Anda juga dapat menikmati kemegahan Gunung Gamalama yang menjadi latar belakang bangunan ini.

Mahkota Ternate

Bangunan seluas 1.500 meter persegi ini terdiri dari ruang pameran dan ruang penyimpanan koleksi. Salah satu koleksi yang menarik adalah mahkota Sultan yang bertahtakan dengan emas permata, berlian mira, zamrud akik, perak, dan batu shafir. Selain itu ada juga koleksi singgasana Sultan yang berwarna emas dan sangat mencolok.

Accessories Ternate

Yang tak kalah menarik tentu saja Anda bisa menemukan berbagai koleksi administrasi kerajaan mulai dari naskah-naskah lama, maklumat kerajaan, alat tulis kerajaan, stempel, dan plakat. Selain itu koleksi museum juga mencakup tombak, peluru, meriam, parang, dan perisai yang menjadi saksi sejarah perjuangan Kesultanan Ternate dalam mengusir penjajah dari tanah Maluku.

Peralatan Ternate

Sehingga tak ada salahnya jika Anda menyempatkan waktu untuk menjelajahi museum ini sambil belajar sejarah kejayaan Kesultanan Ternate di masa lampau. Jika berkunjung,  Anda bebas melenggang masuk karena Anda sama sekali tidak dipungut biaya kunjungan.

Bangunan yang terletak di kota Ternate Maluku Utara ini dapat Anda capai dengan mudah karena ia terletak di tengah kota. Jadi jangan khawatir tentang fasilitas yang disediakan karena tempat ini sudah terkelola dengan baik.  Sudah siap memulai perjalanan Anda di Kota Ternate?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.