Menemukan Pelangi di Air Terjun Coban Pelangi

Bila anda sedang berjalan-jalan ke Bromo adalah suatu hal yang wajib untuk mengunjungi air terjun Coban Pelangi yang ada di wilayah Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Termasuk juga beberapa paket wisata Bromo yang memasukkan destinasi wisata yang satu ini.

Jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan pelangi yang terbentuk karena biasan cahaya matahari di air terjun yang terletak di Desa Gubuklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang ini. Pelangi yang terbiaskan di air terjun inilah yang menjadi asal-usul dari air terjun Coban Pelangi.

Coban Pelangi Jembatan

Dikarenakan letaknya yang berada di area Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, air terjun Coban Pelangi berada pada ketinggian 1299 meter diatas permukaan laut dan ketinggian air terjun sekitar 100 meter. Lokasinya yang berada di wilayah pegunungan membuat wilayah air terjun Coban Pelangi memiliki hawa dingin yang berkisar antara 19 hingga 23 derajat celcius.

Sehingga, jika Anda berkunjung ke air terjun ini, Anda akan merasakan kesegaran udara yang luar biasa bersamaan dengan cipratan air terjun yang juga tak kalah menyegarkan.

Coban Pelangi

Anda bisa mencapai air terjun Coban Pelangi dengan memulai perjalanan dari Kota Malang menuju arah timur dengan jauh perjalanan sepanjang kurang lebih 32 kilometer. Anda akan disajikan dengan pemandangan hamparan hutan pinus dan bukit yang kemiringannya bisa mencapai 45 derajat.

Jika Anda sudah mencapai lokasi air terjun Coban Pelangi, Anda masih harus melakukan perjalanan sejauh sekitar 1 kilometer dengan berjalan kaki. Medan yang akan dilalui mungkin agak menyulitkan, karena terdiri dari tanjakan dan turunan.

Walau perjalananan menuju air terjun Coban Pelangi cukup memakan waktu, kelelahan Anda akan terbayarkan begitu Anda mendapati lokasi wisata yang masih alami ditemani oleh kicauan burung yang bersahut-sahutan.

Sebelum memasuki area air terjun Coban Pelangi, sebagai pengunjung, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp6.000 untuk satu orang. Jika Anda membawa kendaraan, maka Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp2000 untuk kendaraan roda dua dan sebesar Rp4000 jika Anda membawa kendaraan roda empat.

air terjun pelangiBiaya yang cukup murah untuk sebuah tempat wisata yang berada di daerah yang cukup dalam.

Jangan takut kelaparan. Di sekitar air terjun Coban Pelangi banyak warung-warung yang menjajakan dagangannya. Karena ini adalah lokasi wisata, maka lokasi ini juga tidak akan lepas dari para pedagang untuk membantu pengunjung dan turis.

Keberadaan mereka dapat membantu pengunjung yang mungkin saja tidak membawa perbekalan makanan atau minuman. Biasanya makanan yang dijajakan adalah mie rebus, gorengan seperti pisang goreng, kopi, the juga makanan-makanan ringan lainnya. Anda bisa menyantap makanan dan menyesap kopi Anda sembari menikmati pemandangan Coban Pelangi yang indah.

Selain air terjun, di lokasi wisata ini juga disajikan wahana flying fox bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan air terjun Coban Pelangi dari ketinggian. Tidak ada salahnya bagi Anda dan keluarga untuk menikmati wahana satu ini.

malang-regency-map

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.