Pesona Wisata Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan

Jika Anda sedang merencanakan liburan menyenangkan di Pulau Bali, maka jangan lupa berkunjung ke Pulau ini. Pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat ini menawarkan panorama laut dengan potensi terumbu karangnya yang sangat indah.

Nama Menjagan yang unik ini diberikan oleh warga lokal karena adanya sekawanan kijang/rusa liar yang berenang ke wilayah ini pada musim semi. Jika Anda ingin menikmati keindahan batu-batu karang, tempat inilah pilihan tepat untuk Anda.

Pulau Menjangan adalah spot terbaik untuk diving dan snorkeling di Bali. Sehingga banyak dikunjungi oleh para penyelam dalam dan luar negeri.

menjangan-di-pulau-menjangan

Pulau Menjangan yang pernah dinobatkan oleh Discovery dalam daftar “The World’s 10 best spot for snorkeling” memang menawarkan keindahan yang berbeda dengan tempat-tempat lainnya di Bali.

Ia memiliki terumbu karang dengan droff off sedalam 60 meter dan formasi batuannya yang menjadikannya habitat terbaik untuk terumbu karang, baik terumbu karang keras dan lunak, ikan , penyu, hiu, dan berbagai jenis biota laut lainnya.

Dengan kedalaman tebing yang mencapai 60 meter, tempat ini memang cocok untuk wisata wall-diving. Wall-diving merupakan salah satu jenis kegiatan diving/menyelam dengan mengikuti lajur tebing bawah laut.

snorkeling-di-pulau-menjangan

Tempat ini berada di antara Jembrana dan Buleleng tepatnya di sebelah Utara Taman Nasional Bali Barat, di Kecamatan Grokgak, Buleleng dan berada 15 kilometer dari Pelabuhan Gilimanuk. Dari Gilimanuk Anda bisa menyewa angkutan umum ke Pelabuhan Menjangan.

Sepanjang jalan Anda akan disuguhi pemandangan taman nasional yang sangat indah dengan hamparan sawah dan danau yang masih terjaga kelestariannya. Setelah sampai di Pelabuhan Menjangan Anda bisa menyeberang ke pulau dengan kapal yang bisa Anda sewa Rp 400.000 – 600.000 per hari.

Jadi jika ingin lebih murah sebaiknya Anda tidak datang sendiri ke tempat ini. atau Anda juga bisa sharing cost dengan para wisatawan lain.

Jika Anda tertarik mencoba snorkeling Anda bisa menyewa alat snorkeling yang biayanya sekitar Rp 50.000. Tapi jika Anda hanya ingin menikmati keindahan pulau kecil ini dari daratan dengan hamparan pasir putihnya yang alami, dan  Anda bisa trekking sambil melihat aktivitas kijang atau rusa yang banyak terdapat di pulau ini.

tips_liburan_ke_pulau_menjangan_bali_-_kijang

Karena di pulau ini kijanglah satu-satunya penghuni tetap, maka belum ada penginapan yang tersedia. Anda sebaiknya mempersiapkan penginapan dengan menyewa resort di sekitar Pelabuhan Gilimanuk atau Pantai Lovina, dimana Anda juga juga bisa menikmati antraksi lumba-lumba.

Untuk makanan, sangat disarankan Anda mempersiapkan bekal makanan sebelum menuju ke sana. atau Anda bisa menikmati makanan khas daerah sini yaitu ayam betutu di sekitar Taman Nasional Bali Barat. Tapi jika Anda membawa makanan dan minuman dari luar, tolong sampah dan botol plastiknya dibawa pulang ya, agar tidak mengotori kawasan Taman Nasional yang masih sangat asri ini.

Air-jernih-kebiruan-yang-segar-di-Pulau-Menjangan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.