Wisata dan Hotel di Togean

Togean merupakan kepulauan yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Kepulauan ini mempunyai 6 pulau besar serta 60 buah lainnya adalah pulau-pulau kecil. Seperti halnya kepulauan lainnya di Indonesia, Kepulauan Togean juga mempunyai sejumlah destinasi wisata yang tersebut di tiap-tiap pulaunya.

Pulau pertama yang layak dikunjungi sebagai destinasi wisata adalah Pulau Togean. Pulau ini mempunyai gugusan bukit layaknya Bukit Barisan di pulau Sumatera.

Bukit di Togean ini berada di sepanjang teluk Tomini. Selain bukit, pulau ini mempunyai desa yang bernama Desa Katupat yang mempunyai pantai yang indah di dalamnya. Hutan di desa ini pun juga lebat dan dapat dimasuki oleh para wisatawan.

pulau una unaPulau kedua yang patut dikunjungi wisatawan adalah pulau Una-Una. Pulau ini mempunyai pasir yang berwarna kehitaman. Selain itu, pulau yang ada di kepulauan Togean ini juga mempunyai satu gunung berapi yang bernama Gunung Api Una-Una. Gunung ini mempunyai ketinggian 238 mdpl dan mempunyai luas kaldera sebesar 2 km. Lokasi yang satu ini merupakan destinasi favorit dalam paket tour Togean.

Perairan di pulau Una-Una juga terbilang menarik, karena terdapat banyak batu karang yang menghiasi alam bawah lautnya. Selain itu, hewan-hewan seperi Hiu Reef, Baracuda, kura-kura, hingga lumba-lumba pun juga ada di dalam laut pulau ini.

Pulau lain yang di Togean yang patut dikunjungi adalah Pulau Kadidiri. Pulau ini berjarak sekitar 3-6 km dari Kota Ampana yang merupakan Ibukota Kabupaten Tojo-Una-Una, Sulawesi Tengah. Bila wisatawan hendak ke pulau ini, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan menggunakan kapal feri atau perahu.

pulau kadidiriDi pulau ini, wisatawan bisa menyelam untuk menikmati biota laut yang ada di dalam laut pulau ini. Bila malas menyelam, wisatawan bisa melihat dengan mata telanjang. Hal ini bisa dilakukan karena pulau ini terhitung sebagai pulau yang masih alami. Untuk melihat terumbu karang tersebut, wisatawan hanya perlu berjalan sejauh 5 meter dari tepi pantai.

Selain menyelam atau melihat terumbu karang dengan mata telanjang, wisatawan juga dapat melakukan kegiatan memancing di pulau ini. Wisatawan tinggal meminta pemandu untuk mengantar ke daerah pemancingan khusus yang benama Kundurang.

Di tempat pemancingan tersebut, wisatawan bisa memancing sembari memandangi terumbu karang indah yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Selain itu, gradasi warna air laut di tempat pemancingan juga menjadi panorama yang wajib untuk disimak.

Untuk yang lebih suka pemandangan hutan, wisatawan bisa menjelajahi hutan tropis di Pulau Kadidiri ini. Di dalam hutan, wisatawan bisa melihat berbagai macam fauna dan jenis-jenis burung yang hingga di hampir semua dahan pepohonan.

pulau batudakaPulau selanjutnya yang patut untuk dikunjungi adalah Pulau Batudaka. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Kepulauan Togean. Pulau ini mempunyai perbukitan serta ditumbuhi berbagai macam tumbuhan. Terdapat pula hutan bakau yang berpanorama indah serta mempunyai nuansa yang sangat menenangkan.

Laut yang terdapat di pantai pulau ini juga jernih seperti halnya di pulau-pulau lain di Togean. Kejernihan air tersebut membuat wisatawan mampu menyaksikan batu karang dengan menggunakan mata telanjang. Pasir di pantai pulau ini jua putih berkilau serta ditumbuhi oleh banyak pohon kelapa.

Selain wisata alam, wisatawan bisa melakukan wisata budaya di pulau yang namanya mempunyai makna “batu besar” ini. Hal ini dikarenakan adanya desa Bomba yang dihuni oleh suku asli pulau ini, yaitu Suku Bajo. Di desa ini, wisatawan bisa mengenal lebih dekat tradisi dan kehidupan sehari-hari Suku Bajo di desa tersebut. Di dalam kesehariannya, masyarakat di Desa Bambo itu sering bekomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah Bajo serta bahasa Indonesia.

desa bombaTak hanya di Batodaka, Suku Bajo juga dapat ditemui di Pulau Papan, Di pulau ini, wisatawan akan disambut ramah oleh anak-anak Suku Bajo yang tidak sungkan untuk mengajak wisatawan untuk mengelilingi tempat tinggal mereka.

Anak-anak Suku Bajo tersebut juga akan mengajak wisatawan untuk menaiki tempat paling ikonik di Pulau Papan, yaitu Puncak Batu Karang. Di sana, wisatawan beserta anak-anak Suku Bajo dapat melihat pemandangan laut yang terbentang sepanjang Pulau Papan.

Tak hanya Puncak Batu Karang, Pulau Papan juga mempunyai tempat ikonik lain, yaitu sebuah jembatan sepanjang 1 km yang menghubungkan pulau tersebut dengan Pulau Malenge.

Tidak semua pulau di Kepulauan Togean dihuni oleh masyarakat. Oleh karenanya, jumlah hotel atau penginapan di kepulauan ini hanya bisa dihitung jari. Meski begitu, kualitas hotel di kepulauan ini masih tebilang bagus dan sering masuk dalam paket wisata Togean.

Salah satunya adalah Kadidiri Paradise yang terdapat di Pulau Kadidiri. Penginapan ini mempunyai jembatan panjang yang menjadi daya tarik hotel ini. Di jembatan tersebut, wisatawan bisa menikmati pemandangan senja yang tersaji di Pulau Kadidiri.

Jenis kamar di Kadidiri Paradise pun terbilang unik. Sebab, di penginapan tersebut terdapat beberapa jenis kamar, seperti jenis kamar yang menghadap pantai, kamar yang ada di atas laut, serta kamar yang ada di dalam Pulau Kadidiri. Setiap jenis kamar mempunyai harga yang bervariasi.

black marlin togeanAda banyak pohon yang mengelilingi penginapan Kadidiri Paradise. Hal ini membuat udara di sekitar penginapan menjadi sejuk dan memberi kenyaman bagi para wisatawan. Rata-rata, wisatawan yang menginap di sini adalah wisatawan mancanegara. Bahkan, ada yang sudah lama menetap di penginapan tersebut.

Terdapat pula dermaga di depan dan belakang penginapan tersebut. Hal ini membuat wisatawan lebih mudah untuk mengunjungi pantai sekaligus merenangi air laut yang ada di pantai tersebut.

Penginapan lainnya yang ada di Pulau Kadidiri adalah Black Marlin. Penginapan ini mempunyai 17 kamar yang menghadap langsung ke lautan. Semua kamar di penginapan ini mempunyai jaring anti nyamuk, serta kamar mandi yang bersih airnya. Adapun fasilitas yang terdapat di penginapan ini antara lain kafe, restoran, serta tempat untuk menyewakan alat selam atau diving.

Pondok Lestari juga merupakan salah satu penginapan di Kadidiri, Kepulauan Togean. Penginapan ini mempunyai bungalow yang berhadapan langsung dengan panorama laut, akomodasi makan 3x sehari, kopi, teh, dan air gratis selama menginap, serta transportasi bagi wisatawan yang datang dari Wakai.

sanctum una unaAdapun aktivitas yang dapat dilakukan di penginapan ini antara lain menyelam (baik snorkeling ataupun diving), menjelajah hutan, memancing, menyaksikan burung-burung beterbangan, menyaksikan sunset, dan lain sebagainya.

Sanctum Una-Una merupakan salah satu penginapan bagus yang ada di luar Pulau Kadidiri. Seperti namanya, penginapan ini terletak di pulau Una-Una.

Penginapan ini mempunyai 26 kamar yang semuanya mempunyai jaring anti nyamuk serta balkon yang menghadap ke pantai. Seperti halnya Black Marlin, penginapan ini juga menyediakan fasilitas menyelam serta para pemandu yang handal di bidangnya. Hanya saja, laut yang akan diselami  tentunya adalah laut Una-Una yang mempunyai keindahan tersendiri seperti laut-laut lainnya yang ada di kepulauan Togean.

Referensi

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Togean
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Una-Una
  • http://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?52900-Batudaka-Island-Togean-Archipelago
  • http://blog.ivacanza.co/tag/pulau-batudaka/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.